Minggu, 21 Agustus 2011

Sejarah Seni Mengolah Makanan

           Perancis dikenal sebagai tempat asal lahirnya seni mengolah makanan atau disebut juga "home of the food" Sebutan ini diberikan karena makanan barat atau makanan kontinental yang dikenal seluruh dunia pada dewasa ini berasal dan berkembang dari daratan Perancis. Pada zaman dahulu, ketika Prancis masih berbentuk kerajaan,  mengadakan pesta meriah dengan berbagai jenis makanan, tidak hanya dikenal oleh kalangan kerajaan saja tetapi juga dilakukan masyarakat biasa. Keadaan alam perancis pada waktu itu  sangat membantu pengembangan seni kuliner ini karena Prancis sebagai negara agraris menghasilkan berbagai jenis bahan makanan. Kedua keadaan yang menguntungkan menciptakan dan melahirkan jenis - jenis makanan baru.
Di tengah - tengah berkembangnya bisnis kuliner ini lahirlah tokoh besar sebagai " The King of the Chef " karena dari tangan juru masak inilah lahir sseni memasak, sebagai pola maupun sumber seni pengolahan makanan.
Pada masa itu muncul pula ANTON-IN CAREME yang dikenal sebagai " The King of the King " careme memang juru masak kerajaan yang sangat terkenal, memiliki imaginasi dan rasa seni yang sangat tinggi dibidang pengolahan makanan, dari kedua tokoh juru masak inilah kemudian lahir seni kuliner yang kita warisi sampai saat ini.
Seni mengolah makanan ini berkembang dari Prancis keseluruh daratan Eropa, kemudian ke Amerika, Australia dan Afrika bersamaan dengan menyebarnya kaum emigran Eropa kedaratan tersebut.
Dengan demikian maka makanan kaum emigran Eropa pada hakekatnya berasal dari Perancis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar